Powered by Blogger.

Oleh-oleh Khas Bangka

Wisata kulinernya sudah dibahas, nah apa aja nih oleh-oleh khas Bangka yang bisa dijadikan buah tangan? Ada banyak banget! Kalo kita pergi ke toko oleh-oleh khas Bangka di sekitar pasar Mambo, disana kita bisa memilih aneka kemplang. Saya sarankan untuk bertanya dulu ke beberapa toko agar bisa membandingkan harga. Karena sering kali, dengan barang yang sama ternyata harga di setiap toko malah berbeda.


Untuk kali ini, saya beli beberapa jenis kemplang hasil laut nih. Karena Pulau Bangka memang dikelilingi oleh lautan, jadi kulinernya pun didominasi dengan aneka seafood, tidak terkecuali juga dengan oleh-olehnya. Saya beli kemplang ikan tenggiri, kemplang udang, stik cumi, kricu, kemplang keriting, dan selain aneka kemplang tadi, masih ada jenis yang lain juga. Misalnya rusip, yaitu fermentasi ikan yang biasanya jadi pelengkap makanan. Ada juga terasi, asinan, juga sahang atau lada. 

Nggak cuma yang asin aja, aneka kue Bangka juga enak buat dijadiin oleh-oleh. Seperti Bolu Kojo, yang terbuah dari telur, santan, dan gula. Kalo kue keringnya ada kue rintak, kue sagon, kue satu, dan masih banyak lagi. Jadi, mau bawa oleh-oleh apa nih dari Bangka? Selamat berbelanja...

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment