Powered by Blogger.

QQ Kopitiam

                Malem minggu kemaren, gue udah niat banget buat dateng ke festival Culinary Escape di Grand Indonesia. Tapi kayanya hari itu bisa dibilang bad day sih buat gue, dank arena seharian udah bad day, pas ngeliat parkiran GI malem itu udah kayak muntahan bayi, gue jadi makin bête. Gue males nyari parkiran dan udah eneg ngeliat jalanan. Alhasil gue malah masuk ke Plaza Indoensia dengan keadaan yang semaput. Di PI pun gue bingung mau makan apa. Akhirnya, gue ngeliat tempat makan bernuansa kuning dari atas tangga escalator. Ah, sepertinya menarik. Jadilah gue masuk ke QQ Kopitiam. Gue pribadi memang suka sama sjian ala peranakan yang biasa ada di warung kopitiam. Bagaimana dengan yang satu ini? Mari kita bahas yuk.

Ambiance
                Suasana di QQ Kopitiam Plaza Indonesia ini memang terkesan antic dengan dekorasi peranakannya. Di bagian dalam, kita bisa lihat jajaran lampu seperti lampu dipinggir jalan yang warnanya kuning temaram. Terus pilihan lantainya juga bercorak Cina klasik. Makin hidup dengan paduan kayu pada kursi dan dinding yang dominan warna coklat. Kesan antik sangat ketara di restoran yang satu ini.


                Ada juga area yang agak diluar, lebih tepatnya samping escalator. Area ini emang sempit banget tapi deket sama jendela. Untuk area ini, ada sedikit unsur tanaman hijau sebagai hiasannya, terutama dibagian samping kanan, itu lebih enak tempatnya karena lebih luas dan terang. Sayangnya malem itu gue kebagian di kursi yang deket jendela, pencahayannya rada minim dan posisi ini jarang keurus sama pelayannya karena agak jauh dari dapur dan kasir.



Food
                Malem itu karena gue pergi berdua sama nyokap, kita mesen 2 menu yang makan di tempat dan 1 menu dibungkus buat bokap yang lagi jagain rumah. Hehe.. gue pesen Mie Garing Singapore (Rp. 35.000). sesuai dengan judulnya, menu ini datang dengan mie yang digoreng kering dengan mangkuk jenis hotstone. Mie nya termasuk tebal dan besar. Toppingnya juga lumayan banyak, ada udang, jamur, juga beraneka sayuran. Untuk kuahnya sendiri itu seperti kuah campuran saus tiram yang diaduk dengan telur, rasanya gurih banget. Gurihnya pas, nggak keasinan. Kekentalannya juga pas, nggak keenceran. Yang bikin lezat selain kuahnya yang gurih adalah toppingnya, yaitu udang rebus serta irisan jamur kancing yang jumlahnya bisa dibilang nggak pelit ya. Tapi, yang sangat amat disayangkan adalah, mie goreng keringnya kurang garing. Bahkan seperti kerupuk lempem gitu. Jadi nggak krispy sama sekali, pokoknya kaya makan kripik lempem deh. Sayang banget.


                Menu kedua yang dipesen adalah makannya nyokap, yaitu Horfun Daging Kepiting (Rp. 38.000). Gue awalnya nggak tau horfun itu apa, makanya tertarik juga buat mesen. Pas dateng, makanan ini juga hadir didalam mangkuk hot stone, sepertinya memang hamper semua menu main course disini disajikan dengan mangkuk hot stone. Nah, horfun sendiri sejenis kwetiaw tetapi lebih lebar dan pipih. Kalo kwetiaw kan pipih dan lebarnya mirip fettucini, nah kalo horfun lebar banget, kaya lembaran-lembaran gitu, bukan untaian. Kuahnya sumpah enak banget. Daging kepitingnya sangat terasa dan gurihnya bener-bener khas masakan peranakan Cina. Warnanya emang pucet dan nggak menarik tapi rasanya enaaak bangeeeett.. belom lagi topping udangnya yang juga menambah kelezatan menu ini.


                Terus untuk menutup makan malam, gue pesen 1 porsi roti bakar nuttella (Rp. 22.000). Yang satu ini mengecewakan sekaleeeh. Udah datengnya lama, ternyata mbaknya lupa kalo gue mesen roti. Terus, gue udah ngebayangin selai nuttellanya bakalan melelh dan banyak, ternyata big nope! Rotinya datang dalam keadaan dingin, udah nggak krispi lagi, dan selai nuttella nya kering, kaya selai yang udah lama disimpen gitu. Sedih.



Beverages
                Untuk minuman, nyokap gue tertarik buat mesen minuman masa kecilnya yaitu Jus Kedondong (Rp. 28.000). Tau rasanya kaya apa? Kaya minum jus rujak. Hahaha… buat yang doyan buah asem kaya nyokap gue, minuman ini sangat direkomendasikan. Karena rasa segar yang asam kecut khas kedondong sangat bisa ditemukan di minuman ini.


                Gue sendiri mesen minuman yang juga nggak begitu lazim, namanya Barley Peng (Rp. 15.000). Ini adalah minuman campuran biji kedelai yang sudah diolah. Namanya apa ya..lupa.. taji apa yak? Namanya nggak lazim deh pokoknya. Nah, itu minuman rasanya juga unik. Biji kedelainya itu teksturnya seperti tahu tapi agak-agak keset, jadi nggak selembut tahu jugaa… Dan memang rasanya ya kedelai, kacang gituh. Cairannya menggunakan air dan perasan jeruk nipis serta sedikit gula, jadi manisnya lembut, biji kedelainya juga enak. Unik sih intinya.



Service
                Untuk soal service, gue nggak bisa kasih nilai bagus buat para pelayan di QQ Kopitiam. Soalnya mereka kerjanya lelet. Pas gue dateng, tamu di meja sebelah udah manggil-manggil buat dibawain bill. Mereka udah angkat-angkat tangan tapi dicuekin. Akhirnya salah satu dari mereka nyamperin mbaknya dan rada ngedumel gini: “Mbak, kita tuh mau bayar, mbaknya dipanggilin susah banget. Nggak usah bayar aja nih ya”. Hahaha…

                Dan ternyata emang bener, mereka kurang cekatan apalagi kalo duduk di area yang deket escalator, susah deh buat manggil pelayannya. Udah gitu mereka nggak menguasai menu, pas ditanya ini menunya gimana? Pake apa aja? Mereka nggak bisa jawab. Ya begitulah…

Counclusion
Harga: Skala 1 – 10 = 7 (1 sangat murah & 10 sangat mahal)
Makanan: Skala 1 – 10 = 7 (1 terrify & 10 divine)
Service: Skala 1 – 10= 5 (1 worst & 10 Excellent)
Fasilitas: WiFi, Dine in
Tempat: Malay - Antique 
Cocok untuk: Family, Friends

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment